Pages

Sunday 6 July 2014

Rangkuman Peninggalan Kerajan Islam Dan Peninggalanya


Agama islam berasal dari arab . Pertama kali di ajarkan ioleh Nabi Muhammad . Masuk ke indonesia dibawa oleh para pedagang dari arab, persia dan gujarat . Berikut ini kerajaan bercorak islam di Indonesia:
1.       Pemerintah Samudera Pasai
Merupakan kerajaan islam pertama di Indonesia . Letaknya di Lhoksumawe aceh utara . Raja yang pertama yaitu Marah Silu yang bergelar Sultan Malik Al Saleh . Saat itu ada seorang pengembara yang datang ke samudera pasai yang bernama Ibnu Batutah . Dari catatan Ibnu Batutah inilah kita bisa mengetahui cerita kerajaan samudera pasai dan cikal bakal pulau sumatera yang bernama sumatrah .
2.      Pemerintah Aceh
Berdiri abad ke -16 letaknya di tepi selat malaka . Pusat pemerintahan di Kutaraja (banda aceh ). Raja yang terkenal adalah Sultan Iskandar Muda .
3.      Kerajaan Demak
Merupakan kerajaan islam pertama di jawa . Pendiri Raden Fatah . Raja raja demak antara lain Adipati Unus yang bergelar Pangeran Sabrang Lor . Raja yang terkenal adalah sultan Trenggono . Raja yang terakhir yaitu Pangeran Adiwijaya yang memindahkan pusat pemerintahan dari demak ke pajang . Sehingga berakhirlah riwayat kerajaan demak. Penyebar agama islam di pulau jawa disebiut wali songo yaitu sunan ampel, sunan bonang, sunan giri, Sunan Kalijogo, sunan gunung jati, sunan kudus, sunan muria, sunan drajat, dan sunan gresik.
4.      Kerajaan Mataram Islam
Raja mataram yang terkenal karena gigih melawan belanda yaitu sultan Agung Hanykrokusumo / Sultan Agung .
5.      Pemerintah Banten
Saat Sultan Trenggono menjadi raja demak, ia memerintahkan Fatahilah / faletean / syarif Hidayatulloh untuk merebut sunda kelapa dari tangan portugis. Tanggal 22 Juni   1527 Sunda kelapa dapat direbut. oleh Fatahilah sunda kelapa diganti nama menjadi jayakarta / jakarta yang artinya kota kemenangan. Sampai tanggal 22 juni diperingati sebagai hari lahir kota jakarta (sekarang jakarta berusia 48 3 tahun ). Pendiri Fatahilah . Raja banten yeng terkenal melawan belanda adalah Sultan Ageng Tirtayasa .

6.      Pemerintah Ternate Tidore
Berdiri abad ke-15. Raja yang pertama yaitu sultan zaenal abidin . Raja yang terkenal adalah sultan baabulah yang bergelar yang dipertuan di 72 pulau.
2.      Pemerintah Goa Tallo
Pusat pemerintahan di Sombaopu / makasar . Raja yang terkenal yaitu sultan hasanudin yang bergelar ayam jantan dari timur . Perjanjian antara hasanudin dan belanda disebut Perjanjian Bongaya .

Peniggalan berupa masjid :
1.      Masjid raya baiturrohman
      Letaknya di banda aceh , bergaya Moghul . Masjid ini tetap berdiri kokoh meskipun dihantam tsunami 26 desember 2004.
2.      Masjid raya medan
      Parkir di medan, bergaya moghu l. Merupakan peninggalan pemerintah Del i.
3.      Masjid raya banten
      Didirikan tahun 1652. menaranya direncanakan oleh orang indo belanda yang masuk islam yang bernama lucas cardeel (pangeran wiraguna )
4.      Masjid agung demak
      Memiliki 4 tiang utama yang disebut saka guru (sumbangan dari sunan ampel, bonang dan gunung jati). Sedangkan yang satunya lagi adalah saka gulir yaitu potongan-potongan kayu yang diikat menjadi satu merupakan kontribusi dari Sunan Kalijogo .
      Selain itu ada juga peninggalan berupa batu nisan sultan malik al saleh di samudera pasai .
Peniggalan berupa istana:
1.    Istana maemun peninggalan kerajaan deli
2.    istana siak sri indrapura peninggalan kerajaan melayu riau
3.    Keraton yogyakarta
Peniggalan berupa budaya / tradisi islam
1.    Upacara sunatan, kelahiran, pernikahan, dan kematian.
2.    Tradisi Ziarah
3.    Upacara sekaten di yogyakarta memperingati lahirnya nabi muhamad
4.    Budaya Dhug Dher di semarang menyambut datangnya bulan romadhon
5.    Pesta tabuik di sumatra barat memperingati kegigihan perjuangan cucu nabi muhammad
6.    Grebeg besar di demak memperingati hari raya kurban
7.    seni betawi bercorak islam yaitu gambang kromong, orkes, gambus, lenong

8.    Pesantren . Merupakan lembaga pendidikan islam yang didirikan oleh sunan ampel .

0 comments:

Post a Comment

Translate