Pages

Sunday 6 July 2014

Rangkuman Kerajan Budha Dan Peninggalanya Di Indonesia


Agama budha berasal dari India. Yang pertama kali mengajarkan agama budha adalah sidharata gautama (sang budha) . Agama budha masuk ke indonesia pada abad V Masehi. Berikut kerajaan bercorak budha di Indonesia:
1.      Pemerintah Kaling / holing
Letaknya di Jawa Tengah . Raja yang terkenal ratu sima / simo . Pada tahun 664 datang pendeta Hwi Ning ke kaling . Ia menerjemahkan kitab agama budha Hinayana . peninggalannya berupa prasasti tuk mas di kaki gunung merbabu .
2.      Kerajaan Sriwijaya
Berdiri pada abad ke VII Masehi . Letaknya di muara sungai musi palembang . Raja yang terkenal Balaputradewa . peninggalannya berupa prasasti Kedukan Bukit, talang tuo, sumur batu, kota kapur, karang berahi, Candi Muara Takus, dan candi biara bahal. Sriwijaya disebut kerajaan nusantara yang pertama . Selain itu sriwijaya disebut kerajaan maritim karena memiliki angkatan laut yang kuat dan laut yang luas. Sriwijaya juga sebagai pusat penyebaran agama budha. Tahun 685 datang pendeta dari cina yang bernama I - Tsing . Ia menerjemahkan kitab suci agama budha ke bahasa sanksekerta dan tionghoa. Ada juga pendeta dari india yang bernama Sakhyakitri dan darmapala . Banyak pemuda sriwijaya yang di kirim ke perguruan tinggi Nalanda di India untuk memperdalam agama budha. Sriwijaya runtuh setelah diserang oleh raja Colamandala .
3.      Kerajaan Mataram Kuno
Parkir di Jawa Tengah . Peningggalannya berupa Candi borobudur, Kalasan, Mendut, dan candi Plaosan.

Peninggalan Kerajaan Budha:
1.      Candi Borobudur
Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di dunia . Letaknya di muntilan magelang jawa tengah . Borobudur berasal dari kata Biara dan bidur yang artinya biara yang berada di atas bukit . Borobudur berada di bukit menoreh . Dikeliling oleh 4 gunung yaitu gunung merapi, merbabu, sindoro dan sumbing . Borobudur dibangun pada masa raja samaratungga dari dinasti Sailendra . Terdiri dari 10 lantai dan dibagi menjadi 3 bagian. Pada dinding candi terdapat relief yaitu ukiran yang ada pada permukaan dinding candi.
a. Kamadhatu (1-3) terdapat relief karmawibhangga yang melukiskan hukum yang terjadi pada kehidupan manusia.
b. Rupadhatu (4-6) terdapat relief lalitavistara dan jatakamala yang menceritakan kehidupan sang budha.
c. Arupadhatu (7-10 ) tidak ada relief. Hanya ada stupa yaitu bangunan batu yang bentuknya seperti genta.
Sejak abad ke-10 basib borobudur tidak terurus.karena rusak kemudian dilakukan renovasi yang pertama dipimpin oleh Van Erp . Badan PBB yang membantu pemugaran candi Borobudur yaitu UNESCO . Tahun 1971 Menteri Pendidikan dan Kebudayaan membentuk BPCB (Badan Pemugaran Candi Borobudur ).
2.      Candi Mendut
Letaknya di magelang . Pendiri raja Indra tahun 824. berisi tiga patung yaitu cakyamurti, avalokiteswara, dan maitrya .
3.      Candi Kalasan
Pendiri Dinasti Sailendra. Berisi patung dewi tara (istri sang budha )
4.      Candi-candi di Jawa Timur
Candi jago, jawi, Panataran.
5. Tri Suci Waisak (memperingati lahir, mati dan naiknya roh sang budha)   


0 comments:

Post a Comment

Translate